Laman

LOWONGAN KERJA PALSU

Waspada Terhadap Lowongan Kerja Palsu “Fiktif”
Zaman internet saat ini, Anda bisa dengan saja dengan gampang menemukan Lowongan Kerja “LOKER”. Cukup menuliskan bidang yang Anda minati pada mesin pencarian, misalnya Akunting di Jakarta, pasti langsung keluar ratusan pilihan dari berbagai situs maupun perusahaan. Tapi, jangan terlalu naïf menanggapi informasi serba online. Tahu sendiri kan, banyak penipuan “Fraud” yang memanfaatkan para pencari kerja? Wajib diingat: semakin menggiurkan tawaran tersebut, biasanya makin banyak hal yang harus Anda waspada. Karena tidak semua lowongan kerja boleh ditelan mentah-mentah. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Tips Mewaspadai Iklan Lowongan Kerja, maka berikut ini LokerJobs.com akan memberikan tips bagaimana mengantisipasi lowongan kerja tipuan:
1. Cek Secara Detil. Kadang LOKER yang dipasang di situs gratisan hanya mencantumkan e-mail pribadi gratisan juga. Anda harus teliti. Mengecek kembali apakah perusahaan yag memasangnya memang resmi. Bisa juga Anda Tanya ke forum atau milis soal keberadaaan perusahaan tersebut. Jangan sampai lamaran dan CV yang Anda kirimkan justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
2. Simpan Informasi Sensitif. Tidak ada LOKER yang boleh meminta akun bank, PIN ATM atau nomor kartu kredit Anda, dengan alasan apapun! Semua informasi keuangan yang bersifat pribadi dan rahasia. Kecuali, Anda memang sudah resmi diterima bekerja dan mereka membutuhkan nomor rekening Anda untuk mentransfer gaji.
3. Curigai E-mail Asing. Jangan buru-buru senang mendapat panggilan kerja via email yang tidak dikenal. Siapa tahu e-mail yang dikirim justru hanya jebakan agar Anda masuk ke situs tertentu melalui link di dalamnya. Kalau memang tidak yakin, mending langsung dihapus. Lagian perusahaan yang serius akan mengundang Anda ke kantornya untuk bertemu langsung kok.
4. Minta Info Tambahan. Tawaran “Surga” membuat Anda terbius untuk segera menandatangani kontrak yang disodorkan. Tidak ada salahnya bertanya untuk memastikan Job Description hingga jam kerja yang akan Anda hadapi nantinya. Jika ada bagian dalam kontrak yang tidak Anda mengerti, coba minta waktu untuk mendiskusikan dengan teman atau saudara yang paham hukum.
5. Tolak “Hujan Uang”. Di mana-mana, Anda harus bekerja dulu sebelum mendapatkan uang. Jadi, kalau ada perusahaan yang bilang “kirim uang untuk mencetak lebih banyak uang” sebaiknya jangan dipercaya. Hanya LOKER fiktif yang melulu ngomongin uang, rekening tabungan dan janji muluk lainnya!
6. LOKER Gampangan. Posisi tinggi pasti membutuhkan skill yang oke. Jika dalam postingan tertulis: “pelamar tanpa pengalaman atau keahlian silahkan mencoba”, maka lupakan saja! Pasti ujung-ujungnya Anda akan dirugikan.
7. Ada Uang = Dapat Kerja. Anda tikak perlu membayar uang keanggotaan untuk bergabung dengan situs pencari kerja alias gratis. Jadi, abaikan pihak-pihak tertentu yang meminta uang di muka untuk mencarikan Anda pekerjaan keren. Waspadai juga tagline “garansi dapat kerja”.
8. Jangan Percaya Testimoni. Berhubung banyak testimoni positif dari mereka yang bekerja di perusahaan itu, Anda pun percaya dan mau bergabung. Padahal, bisa jadi testimoni yang ditampilkan hanya fiktif atau karangan belaka.
9. Hindari Menerima Gaji Sistem Paket. Mungkin Anda pikir sistem deposit akan lebih efisien untuk menerima gaji selama 3 bulan, misalnya. Tapi, berarti perusahaan atau organisasi yang mempekerjakan Anda akan punya akses ke rekening pribadi Anda. Bagaimana kalau justru tabungan Anda yang terkuras?
Semoga Sukses dan Berhasil !

Menganggur memang membosankan dan apalagi ditambah dengan gelar diploma, sarjana S1, atau S2 jelas akan sangat merasa terbeban. Normalnya jarak antara lulus / wisuda dengan mulai bekerja adalah kurang dari satu tahun. Jika lebih, maka seorang penganggur terdidik akan mulai dihinggapi rasa putus asa sehingga muncul rendah diri serta rasa tidak percaya diri.
Sebelum mulai menjadi pengangguran biasanya seorang yang baru lulus memiliki rasa percaya tinggi yang luar biasa. Keinginan untuk bekerja di tempat yang sesuai dengan keinginannya disertai gaji tunjangan yang memadai. Akan tetapi lapangan pekerjaan yang tersedia di negara kita memang sangat terbatas. Mencari kerja yang sesuai dengan bidang kita saja sulit, apalagi mencari pekerjaan dengan berbagai fasilitas dan insentif yang diberikan sesuai dengan impian kita.
Dalam mencari pekerjaan kita harus bisa melihat kemampuan diri kita sendiri. Jangan gegabah dengan melamar pekerjaan yang membutuhkan banyak persyaratan yang berada di luar kemampuan kita. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan kadang hanya mencari karyawan / pegawai baru yang spesifik dengan kebutuhan mereka. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang ada atau sedikit lebih tinggi.
Persiapkan diri kita dari sekarang, karena bisa saja perusahaan melakaukan interview secara mendadak melalui telepon sehingga akan benar-benar menguji kemampuan kita yang sesungguhnya. Jika melamar suatu pekerjaan sebisa mungkin kita mengetahui sedikit tentang perusahaan tersebut serta pekerjaan yang kita lamar.
Siapkan berkas lamaran seperti surat lamaran dan cv (curriculum vittae) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan tampilan yang segar, sederhana dan terlihat profesional. Usahakan foto kita juga dalam kondisi yang terbaik, baru dan terlihat meyakinkan. Dalam mengirim lamaran kerja mungkin bisa melalui dua cara, yaitu melalui pos dan melalui internet. Oleh karena itu pelajari kedua tehnik pengiriman surat lamaran tersebut dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.
Ketika melakukan wawancara tunjukkanlah bahwa kita mampu dan dapat bekerja keras dalam menjalankan segala pekerjaan yang diberikan dengan wawasan yang luas. Tidak selamanya pewawancara kerja menyukai kandidat yang terlihat sempurna dalam wawancara dengan prestasi akademis yang hebat. Pencari kerja bisa saja mencari kandidat yang biasa-biasa saja namum memiliki semangat kerja keras yang tinggi, tingkah laku yang sopan, sederhana, jujur, setia dan penurut. Perusahaan biasanya tidak menghendaki pegawai “kutu loncat” yang belum lama bekerja sudah mengundurkan diri karena mendapat pekerjaan lain.
Masalah gaji dan tunjangan sebaiknya tetapkanlah dengan wajar dan jangan berlebihan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka semakin tinggi pula harga jual kita. Jika masih baru lulus tanpa pengalaman atau “fresh graduate” maka sebaiknya tetapkan sewajarnya saja atau mengikuti standar yang diberikan perusahaan. Tinggalkan rasa gengsi anda dan kejarlah pengalaman untuk bekal pengembangan diri anda.
Ketika memasuki dunia kerja bekerjalah dengan baik, ulet dan bertanggung jawab serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja di sekitarnya. Jangan bersikap sok tau atau lebih pintar, tapi jadilah pegawai yang disukai dengan sikap yang rendah hati. Situs web organisasi.org mengucapkan semoga berhasil mengejar cita-cita anda.
Tempat Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan di Indonesia :
1. Situs web lowongan kerja seperti karir.com, jobsdb.com, jobindo.com, id.jobstreet.com, datakarir.com, jobitcom.com, lowongan-pekerjaan.com, dan lain sebagainya.
2. Search engine atau mesin pencari seperti google dan yahoo utuk mencari informasi pekerjaan yang spesifik. Biasanya ketika ada rekrutmen CPNS atau pegawai BUMN akan banyak situs pribadi dan blog yang menginformasikannya kepada masyarakat umum.
3. Mailing list / milis pencari kerja seperti :
- groups.yahoo.com/group/indonesia_headhunter
- groups.yahoo.com/group/job-vacancy
- groups.yahoo.com/group/vacancy dan lain sebagainya
4. Koran seperti kompas dan poskota memiliki banyak informasi lowongan kerja untuk pembaca. Hati-hati dengan iklan yang menipu.
5. Bursa Kerja. Biasanya setiap beberapa bulan sekali ada event khusus bagi para pencari kerja seperti career days, job expo, dan lain sebagainya di mana perusahaan pencari kerja berkumpul dan menawarkan pekerjaan dengan jumlah yang terbatas kepada para pengunjung.
6. Biro penyalur tenaga kerja. Para pencari kerja dapat menitipkan cv atau mengikuti program pelatihan untuk kemudian disalurkan kepada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.
7. Papan pengumuman di kampus yang biasanya menempel selebaran informasi lowongan kerja. Biasanya perusahaan bonafit langsung bekerjasama dengan pihak kampus ternama untuk menawarkan pekerjaan bagi para lulusannya.
8. Kenalan seperti saudara, tetangga, teman, dan lain sebagainya. Bisa jadi mereka, kantor atau kenalan mereka ada yang mencari orang yang bisa dipercaya untuk bekerja. Jadilah orang yang bisa dipercaya dandiandalkan.
Penipuan kerja saat ini semakin marak seiring dengan perkembangan internet dan media informasi online. Kehadiran banyak situs penyedia lowongan kerja secara online di satu sisi semakin mempermudah pencarian kerja namun di satu sisi juga semakin mempermudah terjadinya penipuan kerja dan dengan mudah memperdayai para korban. Modus yang digunakan oleh para penipu ini yaitu dengan cara mengiming-imingi para pencari kerja dengan karir atau pekerjaan yang bagus dan pencari kerja yang tertarik diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai imbalannya.
Para pencari kerja yang kurang waspada dan sedikit informasi tentu saja akan sulit menghindari penipuan kerja seperti ini dan sangat mudah masuk perangkap. Nah, berikut ini beberapa tips menghindari penipuan kerja yang bisa anda pelajari sehingga lebih waspada jika ada yang menawarkan anda pekerjaan atau karir yang menjanjikan dengan meminta sejumlah uang.
Jika anda tengah mencari pekerjaan baik di media cetak ataupun online perhatikan dengan seksama deskripsi iklan yang dicantumkan. Jika anda merasa janggal, abaikan saja lowongan kerja tersebut.
Abaikan iklan lowongan kerja yang menjanjikan anda pekerjaan di institusi pemerintah atau BUMN karena ini merupakan taktik penipuan supaya kamu menyetor uang sebagai biaya tes atau pelatihan.
Jika anda mendapat email panggilan kerja dari suatu perusahaan, selidiki terlebih dahulu perusahaan tersebut bisa melalui internet, tanya teman atau kerabat atau anda bisa langsung ke lokasi perusahaan untuk mengobrol dengan karyawan setempat.
Hati-hati dengan lowongan kerja yang mengaku sebagai perusahaan besar namun tidak memiliki alamat email resmi perusahaan dan hanya menggunakan email gratisan.
Waspadai iklan lowongan kerja yang mencantumkan bahasa iklan berlebihan pada deskripsi iklannya, seperti “buruan melamar”, “ingat, posisi terbatas” atau “tidak perlu pengalaman”
Jika anda akhirnya datang ke suatu perusahaan untuk wawancara namun di bagian front office dimintai uang pendaftaran atau uang formulir dll, segera urungkan niat anda wawancara dan tinggalkan perusahaan tersebut.
Hindari juga perusahaan yang membutuhkan karyawan namun meminta ijasah asli anda sebagai jaminan.
Jika suatu saat anda diterima kerja dan harus menandatangani kontrak kerja. Mohon, pelajari isi kontrak tersebut supaya ke depannya tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa merugikan anda.
Itu tadi tips menghindari penipuan kerja yang kerap kali terjadi menimpa para pencari kerja. Ingat dan berpikirlah dua kali sebelum menerima pekerjaan yang terlihat mudah dengan gaji besar seperti bisnis rumahan, MLM, posisi data entry ataupun administrasi untuk menghindari penipuan kerja.
http://forum.viva.co.id/tips-trick/348968-tips-menghindari-penipuan-kerja.html
Penipuan kerja saat ini semakin marak seiring dengan perkembangan internet dan media informasi online. Kehadiran banyak situs penyedia lowongan kerja secara online di satu sisi semakin mempermudah pencarian kerja namun di satu sisi juga semakin mempermudah terjadinya penipuan kerja dan dengan mudah memperdayai para korban. Modus yang digunakan oleh para penipu ini yaitu dengan cara mengiming-imingi para pencari kerja dengan karir atau pekerjaan yang bagus dan pencari kerja yang tertarik diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai imbalannya.
Para pencari kerja yang kurang waspada dan sedikit informasi tentu saja akan sulit menghindari penipuan kerja seperti ini dan sangat mudah masuk perangkap. Nah, berikut ini beberapa tips menghindari penipuan kerja yang bisa anda pelajari sehingga lebih waspada jika ada yang menawarkan anda pekerjaan atau karir yang menjanjikan dengan meminta sejumlah uang.
1. Jika anda tengah mencari lowongan pekerjaan baik di media cetak ataupun online perhatikan dengan seksama deskripsi iklan yang dicantumkan. Jika anda merasa janggal, abaikan saja lowongan kerja tersebut.
2. Abaikan iklan lowongan kerja yang menjanjikan anda pekerjaan di institusi pemerintah atau BUMN karena ini merupakan taktik penipuan supaya kamu menyetor uang sebagai biaya tes atau pelatihan.
3. Jika anda mendapat email panggilan kerja dari suatu perusahaan, selidiki terlebih dahulu perusahaan tersebut bisa melalui internet, tanya teman atau kerabat atau anda bisa langsung ke lokasi perusahaan untuk mengobrol dengan karyawan setempat.
4. Hati-hati dengan lowongan kerja yang mengaku sebagai perusahaan besar namun tidak memiliki alamat email resmi perusahaan dan hanya menggunakan email gratisan.
5. Waspadai iklan lowongan kerja yang mencantumkan bahasa iklan berlebihan pada deskripsi iklannya, seperti “buruan melamar”, “ingat, posisi terbatas” atau “tidak perlu pengalaman”
6. Jika anda akhirnya datang ke suatu perusahaan untuk wawancara namun di bagian front office dimintai uang pendaftaran atau uang formulir dll, segera urungkan niat anda wawancara dan tinggalkan perusahaan tersebut.
7. Hindari juga perusahaan yang membutuhkan karyawan namun meminta ijasah asli anda sebagai jaminan.
8. Jika suatu saat anda diterima kerja dan harus menandatangani kontrak kerja. Mohon, pelajari isi kontrak tersebut supaya ke depannya tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa merugikan anda.

11 komentar:

  1. Maaf kalau keliru, saya sering menerima info/iklan melalui Trovit ttg lowongan kerja yg didominasi oleh PT.Freeport dan PT. Chevront sebagai pencari Karyawan/Pegawai. Dan saya pernah menerima panggilan dari PT. Freeport utk wawancara di Papua, namun saya harus menyetor sekitar Rp. 5.250.000,- untuk biaya transportasi dan hotel di Papua dengan catatan nanti akan ada penggantian biaya pulang pergi baik lulus maupun tidak lulus, saya bilang tidak ada uang saat ini karena itu saya cari kerja. Walaupun memaksa dg alasan jarang ada penerimaan dalam posisi anda, saya batalkan kecuali saya ditalangi biaya pulang pergi oleh travel yang memfasilitasi dan ditunjuk oleh PT. Freeport dimaksud. Yang saya heran mengapa kalaulah benar perusahaan sebesar itu tidak bisa membuat surat panggilan untuk calon pegawai yang berada jauh dari lokasi perusahaan dan kenapa wawancara tidak terpusat di Jakarta dan menyiapkan biaya PP untuk wawanara ? kejanggalan yang demikian membuat saya tidak percaya dg iklan freepot. Berselang beberapa ada lagi panggilan dari freeport berkali-kali dan saya abaikan, kemudian panggilan dari Pt. Chevront dan saya jawab kalau serius info via hp saya atau surat resmi baru saya bersedia, yang janggal tiba-tiba kantor cabangnya di propinsi daerah tempat saya, berarti yang pasang iklan itu masih penasaran mau menjebak saya dg modusm perusahaan besar lainnya. Salaam saya, terimakasih atas sharing informasinya dan warning kepada saudara2 yang sedang sama2 mencari pekerjaan supaya lebih hati2.

    BalasHapus
  2. bagaimana dengan trovit.com apa kh itu hanya web penipu atw bkan

    BalasHapus
  3. Iya bener pak. Saya kena tipu loker di Trovit dan sudah transfer uang 3jt! Bodong ternyata. Applikasi TROVIT harusnya di tiadakan

    BalasHapus
  4. Saya awalnya tertarik dengan lowongan di trovit, ketika saya ingin mencari pekerjaan yang menerima saya sambil kuliah, tapi saya ragu ketika tertera disitu harus mengirim sms dulu dan langsung ke kantor pusat untuk wawancara ditambah lagi alamat emailnya menggunakan @gmail.com saya tambah ragu. setelah baca isi blog ini saya bersyukur untung saya tidak kena tipu. buat teman-teman hati-hati dan jangan mudah percaya sama hal-hal yang janggal dan tidak logis. coba cari tahu info dulu sebanyak-banyaknya. dan terima kasih untuk isi blognya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Coba nglamar kerja di trovit. Nglamar pagi, malam dapat sms panggilan interview. Berikut sms nya :

    "PANGGILAN INTERVIEW KERJA PT. CITRA PESONA SAKTI Tbk.

    Posisi:
    -Admin
    -OP
    -RCP
    -QC
    -Gudang
    -Security
    -OB/OG

    Fasilitas:
    -Gaji Pokok 4jt s/d 6jt/bln
    -Harian 80/hr
    -Fasilitas Full

    Yth calon karyawan/ti, anda di PRIORITASKAN untuk langsung proses KERJA & diundang ke kantor PUSAT untuk mengikuti INTERVIEW KERJA.
    Pada Hari : Rabu, 23-11-2016
    Hadir antara pukul: 08.00 s/d 15.00Wib

    ALAMAT SELEKSI:
    JL. JATINEGARA BARAT NO. 9 KAMPUNG MELAYU JAKARTA TIMUR.

    RUTE:
    Posisi Kantor sebelah kiri jalan di Sebrang Jalan BANK ARTHA GRAHA, 100 meter dari Terminal Kampung Melayu yang ke arah Matraman, pas disamping KANTOR POS INDONESIA Kp. Melayu.

    Harap konfirmasi kembali jika anda bersedia HADIR.

    Bawa Cv & Lamaran, sampaikan kepada RECEPTIONIST mau bertemu dengan Ibu. YURIKA DEWI, SE (MANAGER HRD) Lantai 2.

    Nb:
    -Lamaran yang belum lengkap bisa menyusul.
    -Boleh ajak saudara/teman anda yang minat Kerja.
    -Non Yayasan.


    Kejanggalan :
    1. Respon terlalu cepat, sms masuk jam 19:34 (bukan jam kerja kantor)
    2. Profil perusahaan tidak ada di google, lokasi pun ga bisa kebaca di map
    3. Gajinya jauh di atas UMR jakarta
    4. Aku bilang akan hadir, dia balas. Pas aku minta web perusahaan, dia ga balas.

    BalasHapus
  6. mau serin aja,dulu aku penganguran sukses,tapi aq tak mau ptus asa cari lamaran kerja mudah dan tepat,tp syukur ad perusahaan trima aq lumayan gajinya,yaitu pt.pusri bagi and mau sperti aku kirim aja lamaranya di pt.pusri@mail.com contoh saya dulu kirim lamaran berikut:
    1.surat lamaran kerja
    2.foto copy ijasah terakhir yang telah di legalisir
    3.ijasah asli
    4.surat keterangan berkelakuan baik dari kanto polisi
    5.foto copy kartu tanda pengelan/ktp degan yang asli
    6.pas foto warna terbaru ukuran 4*6 3buah
    7.surat peryataan tidak terkait degan perusahaan lain diberi matrai Rp6.000.
    mudahan anda sukses diterima di pt.pusri degan emainya pt.pusri@mail.com terima kasih

    BalasHapus