Laman

NODA KUNING DAN KERAS PADA KETIAK BAJU

Anda mungkin kesal saat menjumpai noda kuning dibagian ketiak pada pakaian-pakaian kesayangan anda.
Apalagi noda itu menyerbu pakaian warna putih, tentu pemandangan ini benar-benar menjengkelkan.
Jangankan warna putih, noda-noda seperti ini juga hinggap di pakaian berwarna, hanya saja tidak terlihat jelas seperti pakaian warna putih.
Kenali penyebabnya dan ikuti langkah pencegahan sekaligus solusinya.



  • Bagaimana terjadinya noda kuning tersebut? 
Noda kuning yang menempel dibagian ketiak baju Anda disebabkan oleh reaksi antara bahan-bahan anti-perspirant dan garam dalam keringat Anda.
Anti-perspirants mengandung senyawa aluminium untuk mengurangi basah, sehingga hasil reaksi tersebut menimbulkan warna kuning dan menempel lekat pada baju Anda. Noda kuning memang tidak muncul dalam semalam, namun tanpa penanganan yang tepat dari pakaian secara teratur noda tersebut akan melekat dan merusak pemandangan baju indah Anda.
  • Adakah cara untuk mencegah noda? 
Coba gunakan deodorant yang memiliki kandungan bebas aluminium. Anda bisa membaca labelnya dan Anda akan menemukan bahwa anti-perspirants memiliki berbagai tingkat senyawa aluminium.

  • Sudah terlanjur kuning, bagaimana dong?
Jadi, pilihlah deodorant dengan konten aluminium terendah yang memberikan perlindungan yang Anda butuhkan. Setelah menggosokkan deodoran pada ketiak, biarkan dulu hingga kering sebelum berpakaian. Fungsinya adalah untuk mencegah gesekan senyawa di kain.
Jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu, keringkan saja dengan menggunakan hair dryer.
Jika setelah selesai bepergian ternyata pakaian Anda penuh dengan keringat, segeralah mencuci bersih dan keringkan secepat mungkin. Jangan tunggu hari esok. Sebab noda jauh lebih sulit dihapus.
Mulai sekarang, selalu keringkan pakaian setiap kali setelah anda memakainya, ini untuk mencegah terjadinya kekuningan itu. Bila beberapa pakaian dibagian ketiak sudah terlanjur kuning, lakukan langkah dibawah ini.
Sukses tidaknya akan tergantung pada seberapa lama noda yang melekat dan kemeja yang selalu dicuci dengan pemutih terbaik.
    1. Untuk baju warna putih gunakan baking soda, peroksida, dan air dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Buatlah larutan dari tiga bahan tersebut. Ambillah larutan tersebut dan bubuhkan pada noda, gosok perlahan dengan handuk kecil antara 30 detik – 2 menit dan diamkan selama minimal 30 menit. Setelah itu gosok lagi dengan sikat gigi yang lembut untuk menlonggarkan kekakuan pada kain. Kemudian cuci bersih seperti biasa dengan air hangat atau dingin.
    2. Untuk baju berwarna terang (biru, kuning, pink), uji dulu dengan langkah pertama di tempat yang mencolok sebelum mencoba perawatan di bagian bawah lengan. Jika warna tidak memudar, lanjutkan seperti langkah untuk kemeja putih.
    3. Warna gelap, lakukan pencucian dengan menggunakan air dingin dan tambahkan satu cangkir cuka putih. Rendam selama minimal 30 menit. Tiriskan air cuka dan cuci seperti biasa dengan air dingin.

1 komentar:

  1. mau serin aja,dulu aku penganguran sukses,tapi aq tak mau ptus asa cari lamaran kerja mudah dan tepat,tp syukur ad perusahaan trima aq lumayan gajinya,yaitu pt.pusri bagi and mau sperti aku kirim aja lamaranya di pt.pusri@mail.com contoh saya dulu kirim lamaran berikut:
    1.surat lamaran kerja
    2.foto copy ijasah terakhir yang telah di legalisir
    3.ijasah asli
    4.surat keterangan berkelakuan baik dari kanto polisi
    5.foto copy kartu tanda pengelan/ktp degan yang asli
    6.pas foto warna terbaru ukuran 4*6 3buah
    7.surat peryataan tidak terkait degan perusahaan lain diberi matrai Rp6.000.
    mudahan anda sukses diterima di pt.pusri degan emainya pt.pusri@mail.com terima kasih

    BalasHapus